Al Quran sebagai Syifa (penyembuh)

Kajian Sabtu pagi bada Subuh sd Syuruq, 9 Des 2017 di Masjid Al Marhamah Candi Gebang
Oleh: Ustadz Drs. Fathlul Hilal

Obat selalu kita kenal berhubungan dengan sakit. Al Quran adalah syifa, ini bukan satu-satunya fungsi Al Quran melainkan salah satu fungsinya adalah syifa. QS. 17 ayat 82.

“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

Orang-orang mukmin mendapat manfaat dari Al Quran. Orang Zalim tidak mendapat manfaat atau kerugian. Dalam Al Quran, kerugian ujung-ujungnya neraka. Sebaliknya kata beruntung selalu berkaitan dengan Syurga.

Syifa ini untuk syifa apa? Bapak ibu pernah sakit kepala? Sakit kepala obatnya dengan apa?? Jika sesak nafas obatnya apa? Yang jelas Al Quran bukan untuk itu.

Al Quran ternyata adalah obat spesial. QS. Yunus ayat 57:

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

Al Quran ini sebagai obat dari penyakit yang ada di dalam rongga dada dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Jika yang ada di luar badan kita disebut rongga dada. Pernah kecewa? Pernah jengkel? Sumpek, Judeg, Mbededek.

Rongga dada ini maknanya berbeda dengan dada yang ada di depan dada kita ini. Syudur ini simbolisasi dari ruhani (ruh). Kita biasa menyebut dengan hati (qolbu). Salah satu ciri qolbun adalah kerjanya bolak-balik. Contoh nya adalah jantung yang memompa darah keseluruh tubuh sedangkan liver kerjanya menyaring darah. Maka jantung adalah qolbun. Otak juga bisa termasuk dalam qolbun. Sehingga jika ada penyakit yang ada di rongga dada merujuk tidak hanya pada penyakit yang berada di dada.

Mari kita kenal penyakit-penyakit yang berada di dalam rongga dada sehingga kita bisa tahu dan mencari obat dari Al Quran. 10 Macam penyakit yang berada di rongga dada, diantaranya ada 3 jenis yaitu:

  1. Jenis penyakit yang berkenaan dengan keimanan/aqidah yaitu:
    1. Kufur,
    2. Syirik,
    3. Nifak.

Ketiga pengidap ini jika tidak diobati maka akan menjerumuskan kedalam Neraka.

  1. Jenis penyakit yang berhubungan dengan sifat, watak, perangai manusia, biasanya bawaan. Ada 4 macam :
    1. Riya (suka pamer, suka dipuji) yang berakibat tidak ikhlas jika beramal,
    2. Sumah (suka),
    3. Tassabur (Merasa dirinya paling baik, ditampakkan di hadapan orang lain),
    4. Ujub (mengagumi diri sendiri, biasanya pendiam tapi jika berbicara mulai menampakkan).
    5. Jenis penyakit yang berhubungan dengan amal dan aktivitas, yaitu:
      1. Bakhil (orang nya pelit, kikir) tidak mau berbagi padahal diamanati yang seharusnya diberikan
      2. Tamak, Rakus (mengambil milik orang)
      3. Hasad (Iri dengki) susah melihat orang lain senang, senang melihat orang lain susah.

Penyakit ini dapat disembuhkan dengan Al Quran. Oleh karena itu jadilah orang-orang yang senantiasa dekat dengan Al Quran baik menjadi pengajar Al Quran maupun menjadi pembelajar Al Quran. (aji)

Download Rekaman Kajian Sabtu Pagi Subuh sd Syuruq Drs. Fathlul Hilal (Al Quran sebagai Syifa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>